“ANALISIS PENGARUH HUTANG LUAR NEGERI DALAM PERSAINGAN GLOBAL”
(analisis dalam perspektive islam)
Oleh: Yuwan Ebit Saputro
BAB I
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang Masalah.
Sebuah negara atau pemerintahan pasti mengalami pasang surut dalam
perkembangan ekonominya. Hal tersebut dipengaruhi oleh kebijakan masing-masing
pemerintahan yang berkuasa. Sebagai gambaran contoh saat ini adalah Presiden
Joko Widodo mengawali pemerintahannya dengan kenaikan tipis hutang pemerintah
sekitar Rp. 2.608,14 triliun dan di akhir tahun 2015 BI mencatat bahwa utang
pemerintah era Jokowi meningkat hampir dua kali lipat yakni pada kisaran RP 4.
192 Triliun. Kenaikan tersebut dipengaruhi oleh hutang luar negeri sektor
publik yang meningkat, sementara hutang luar negeri sektor swasta menurun.
Sedangkan jika dibandingkan pada masa SBY, dari tahun 2005-2013 hutang negara mencapai
1,496.12 triliun, sehingga posisi Indonesia sekarang menempati urutan kelima
yang sebelumnya berada di urutan keenam negara-negara yang memiliki hutang
terbesar di dunia ini.[1]
Hutang negara baik yang berasal dari utang dalam negeri maupun
utang negeri merupakan hal yang tidak disukai dalam ekonomi syariah. Tebukti
dengan kenyataan bahwa Rasulullah
dengan Khulafaurrasyidin hanya sekali melakukan anggaran defisit. Dalam
ilmu ekonomi akan mencegah ekspansi moneter yang selanjutnya mengontrol inflasi
kesetabilan nilai tukar uang. Hutang yang
dilakukan dalam jangka waktu yang panjang menunjukkan ketidak efektifan fungsi
hutang itu sendiri karena hal tersebut melanggengkan saving investment gap.
Untuk mengatasi saving investment gap dalam jangka waktu pendek dapat
diatasi dengan hutang sebagaimana pernah dilakukan oleh Rasulullah SAW pada saat
penaklukan kota Mekkah, yang dilunasi sebelum satu tahun yaitu setelah perang
Hunain.
Islam sebagai al-din dan sekaligus sebagai al-daulah,
disamping mengatur hubungan manusia dengan Allah, Islam juga sangat
berkepentingan meletakkan basis-basis etika dan moral pada hubungan manusia
dengan sesama lembaga politik dan kekuasaan yang bernama negara (aldaulah).
Seperti diketahui, masalah ketidak adilan dan kedzaliman yang paling masif dan
universal adalah kedzaliman yang dilakukan oleh negara/pemerintah. Semua
ikhtiar memerangi kedzaliman dan menegakkan keadilan tanpa menyentuh negara/
pemerintah/penguasa adalah sia-sia. Bahwa dalam sejarah, negara selalu dipakai
oleh penguasa untuk menindas rakyat, itulah tantangan kemanusian yang paling
besar yang dengan dalih apapun syariat Islam tidak boleh lari padanya (hutang
luar negeri).
1.2. Rumusan Masalah.
a)
Bagaimana
Pengaruh Hutang Luar Negeri Terhadap Persaingan Global?
b)
Bagaimana
Solusi meghadapi permasalahan akibat hutang, dalam perspektif ekonomi islam?
1.3. Tujuan Penelitian.
a)
Untuk
Mengetahui Pengaruh Hutang Luar Negeri, terhadap persaingan global.
b)
Untuk
memahami lebih lanjut bagaimana solusi dalam menghadapi masalah hutang luar
negeri, dalam perspektif ekonomi Islam.
BAB II
PEMBAHASAN
II.1. Konsep Hutang dalam Pandangan Islam.
Krisis ekonomi berkepanjangan dan lambannya pemulihan ekonomi,
menunjuk-kan kerapuhan fondasi ekonomi Indonesia yang selama ini dibangun.
Praktek monopoli, konglomerasi dan ekonomi kapitalistik mematikan usaha
kerakyatan, memperluas kesenjangan ekonomi dan kecemburuan sosial. Kondisi ini
semakin diperparah oleh budaya gemar berutang dan mempermanis istilah hutang
luar negeri dengan bantuan luar negeri. Celakanya lagi hutang luar negeri/
bantuan luar negeri dari negara-negara donor, dan lembaga-lembaga keuangan
internasional seperti IMF dan Bank Dunia banyak yang dikorup oleh orang-orang
yang tidak bertanggungjawab. Tingkat kebocoran ini cukup signifikan, menurut
begawan ekonomi Prof. Sumitro Djojohadikusumo, mencapai 30% dari total anggaran
pembangunan.[2]
Terdapat dua kelompok pandangan yang berbeda mengenai hutang luar
negeri, Kelompok pertama berpendapat
bahwa negara Islam tidak seharusnya melakukan pembiayaan defisit
(pengeluaran lebih besar dari pendapatan), karena hal ini pada akhirnya dapat
menyebabkan pemerintah berutang dengan konsekuensi membayar bunga, dan
mendekati riba. Pengeluaran yang bertambah ini juga dapat menyebabkan
pemborosan. Namun kelompok ekonom muslim kedua berpendapat sudah tidak waktunya
lagi negara-negara Islam mempertahankan konsep anggaran berimbang yang
berkonsekuensi lambatnya pertumbuhan ekonomi dan tidak tergalinya sumber daya alam
karena ketiadaan modal. Negara-negara Islam yang kaya sumber alam, namun kurang
modal untuk mengolah harus mau menerima anggaran defisit dengan solusi meminjam
modal ke negara lain untuk digunakan sebagai modal penggalian sumber daya alam
seperti minyak, gas dan lain-lain, atau dengan memungut pajak. Inilah dua
pendapat yang berkembang dalam pemerintahan Islam.
Pendapat pertama banyak dipakai di masa pemerintahan Islam fase
awal, dan pendapat yang kedua banyak dianut di fase pemerintahan Islam modern. Berikut
ini dikemukakan pendapat 3 ekonom Islam modern yang sama-sama setuju dengan
konsep anggaran defisit:
1)
Menurut
Mannan, sebuah negara Islam modern harus menerima konsep anggaran modern
(sistem anggaran defisit) dengan perbedaan pokok dalam hal penanganan defisit
(kekurangan) anggaran. Negara Islam dewasa ini harus mulai dengan pengeluaran
yang mutlak diperlukan (sesuai yang direncanakan APBN) serta mencari jalan
serta cara baru untuk mencapainya, baik dengan merasionalisasi struktur pajak
atau dengan mengambil kredit (utang) dari sistem perbankan dalam negeri atau dari
luar negeri (Bank Dunia, IMF, ADB dan lain-lain).[3]
2)
Muhammad Umar Chapra setuju dengan anggaran
pembelanjaan defisit, namun dengan solusi yang berbeda dengan Mannan. Umar
Chapra berpendapat bahwa negara-negara Muslim harus menutup defisit anggaran
dengan pajak, yaitu mereformasi dengan sistem perpajakan dan program
pengeluaran negara, bukan dengan jalan pintas melalui ekspansi moneter dan
meminjam. Umer Chapra lebih setuju dengan meningkatkan pajak, karena meminjam
akan membawa kepada riba, dan peminjaman itu juga meniadakan keharusan
berkorban, namun hanya menangguhkan beban sementara waktu dan akan membebani
generasi yang akan datang dengan beban berat yang semestinya tidak mereka
pikul.
3) Abdul
Qadim Zallum setuju dengan anggaran defisit, dengan solusi yang hampir sama
dengan Umar Chapra, yaitu difisit diatasi dengan penguasaan BUMN dan pajak.
Beliau mengatakan: Anggaran negara pada saat ini sangat berat dan besar,
setelah melusnya tanggungjawab dan bertambahnya pos-pos yang harus disubsidi.
Pendapatan baitulmal dari sumber-sumber tradisional seperti, Ghanimah, Fay'i,
Jizyah, kharaj, 'Usy,r dan khumus, kadang kala tidak memadai untuk memenuhi
pengeluaran negara yang semakin berkembang. Oleh karena itu, negara harus
mengupayakan cara lain yang mampu menutupi baitulmal/kas negara, baik dalam
kondisi ada harta maupun tidak. Kewajiban tersebut berpindah kepada kaum
muslimin pada saat baitul maal kosong.
Dari gambaran sekilas di atas, jika dikaitkan dengan keadaan bangsa
Indonesia saat ini, sungguh ironi padahal asset kekayaan sumber daya alam yang
dimiliki bangsa ini sangat melimpah, sehingga kadang diungkapkan dengan istilah
“gemah ripah loh jenawi toto tentrem kerto raharjo”. Namun pada
kenyataannya, perekonomian Indonesia mengalami keterpurukan. Hal ini terjadi
karena pemerintah maupun rakyatnya terlalu mengesampingkan faktor moral dan
norma agama sehingga melahirkan generasi materialistis yang tidak berdaya
menanggulangi problem krisis keimanan yang pada akhirnya menjalar pada krisis
multidimensi. Bagaimana tidak, pada kondisi yang parah semacam ini ada sebagian
kalangan pejabat yang semestinya menjadi suri tauladan, justru melakukan
penjarahan kekayaan negara di hampir semua bidang, yang lebih parah hal ini
dilakukan secara kolektif dan sistemik.
II.2. Statistik
Hutang Luar Negeri Indonesia.
Pada dasawarsa 1990-an, jumlah hutang luar negeri Indonesia
menempati peringkat ke-5 di antara negara dunia ketiga, setelah Meksiko,
Brazil, India dan Argentina. Akibat
krisis ekonomi yang sangat parah ini, menjadikan Indonesia sebagai negara
dengan rasio stock hutang per GDP tertinggi di dunia, mengalahkan negara-negara
yang selama ini terkenal sebagai pengutang terbesar, seperti Meksiko, Brazil
dan Argentina. Persoalan hutang luar negeri ini bila tidak diselesaikan dengan
baik akan dapat menghambat pemulihan ekonomi dan menjatuhkan martabat bangsa
Indonesia di mata dunia internasional. Dalam makalah ini akan dipaparkan
bagaimana kebijakan makro ekonomi Islam terhadap persoalan hutang dan solusi
yang ditawarkan untuk menyelesaikan krisis hutang luar negeri secara baik,
manusiawi dan berkeadilan sosial.[4]
Utang luar negeri (ULN) Indonesia pada Januari 2014 tercatat
USD269,3 miliar sehingga tumbuh 7,1%, meningkat dibandingkan dengan pertumbuhan
Desember 2013 sebesar 4,6% (yoy). Peningkatan pertumbuhan tersebut terutama
dipengaruhi oleh kenaikan posisi ULN sektor swasta sebesar 12,2% menjadi
USD141,4 miliar. Sementara itu, posisi ULN sektor publik tumbuh sebesar 1,9% menjadi
USD127,9 miliar. Jika dibandingkan dengan posisi bulan sebelumnya, ULN sector
swasta hanya tumbuh 0,6%, sementara ULN sektor publik meningkat 1,6%.
Berdasarkan jangka waktu, kenaikan pertumbuhan ULN terutama
terjadi pada ULN jangka panjang. ULN berjangka panjang pada Januari 2014 tumbuh
7,1% , lebih tinggi dari pertumbuhan bulan Desember 2013 sebesar 4,1%.
Sementara itu, ULN berjangka pendek tumbuh 7,0%, sedikit lebih lambat
dibandingkan dengan pertumbuhan bulan sebelumnya sebesar 7,1%. Pada
Januari2014, ULN berjangka panjang tercatat sebesar USD222,8 miliar, atau
mencapai 82,7% dari total ULN. Dari jumlah tersebut, ULN berjangka panjang
sektor publik mencapai USD121,5 miliar (95,0% dari total ULN sektor publik),
sementara ULN berjangka panjang sektor swasta sebesar USD101,3 miliar (71,7%
dari total ULN swasta).
Untuk ULN swasta, peningkatan pertumbuhan terjadi pada
ULN sektor finansial dan sector pengangkutan & komunikasi. ULN sektor
swasta terutama terarah pada lima sektor ekonomi, yaitu sektor keuangan (pangsa
26,5% dari total ULN swasta), sektor industri pengolahan (pangsa 20,4%), sektor
pertambangan dan penggalian (pangsa 18,1%), sektor listrik, gas, dan air bersih
(pangsa 11,6%), dan sektor pengangkutan dan komunikasi (pangsa 7,6%). Dari
kelima sector tersebut, dua sektor yaitu sektor keuangan dan sektor
pengangkutan dan komunikasi mencatat kenaikan pertumbuhan pada Januari 2014 masing-masing
sebesar 11,1% dan 5,8%, dari bulan sebelumnya sebesar 5,7% dan 4,4%. Sementara
itu, pertumbuhan ULN sektor pertambangan dan penggalian dan sektor industri
pengolahan tumbuh sebesar 20,4% dan 11,7%, lebih lambat dari 26,1% dan
12,1% pada bulan sebelumnya. Di sisi lain, ULN sektor listrik,
gas, dan air bersih masih mengalami kontraksi sebesar 1,7%.[5]
II.3. Dampak Hutang Luar Negeri dalam Pembangunan Ekonomi.
Hutang luar negeri, yang sudah menjadi andalan
negara Indonesia, akan membawa dua dampak besar yaitu dampak positif dan dampak
negative. Berikut penjelasan mengenai dampak hutang luar negeri terhadap
pembangunan ekonomi:
1)
Dampak Positif Utang Luar Negeri.
Dampak
positif dari utang luar negeri yaitu terhadap pembangunan ekonomi dan
peningkatan tabungan masyarakat. Sebab, alirannya dapat meningkatkan pendapatan
dan tabungan domestik sehingga utang luar negeri menghasilkan multiplier effect
positif terhadap perekonomian, kemudian terhadap pertumbuhan ekonomi dan
peningkatan tabungan masyarakat sebagai dampak lanjutannya. Alasannya, aliran
bantuan luar negeri dapat meningkatkan investasi yang selanjutnya meningkatkan
pendapatan dan tabungan domestik dan seterusnya. Sampai di situ, secara teori,
bantuan luar negeri justru menghasilkan dampak pengganda (multiplier effects)
yang positif pada perekonomian, pinjaman luar negeri dalam jangka pendek dapat
menutup defisit APBN, dan ini jauh lebih baik dibandingkan jika defisit APBN,
sehingga memungkinkan pemerintah untuk melaksanakan pembangunan dengan dukungan
modal yang relatif lebih besar, tanpa disertai efek peningkatan tingkat harga
umum. Dengan demikian pemerintah dapat melakukan ekspansi fiskal untuk
mempertinggi laju pertumbuhan ekonomi nasional.[6]
Meningkatnya
laju pertumbuhan ekonomi berarti meningkatnya pendapatan nasional, yang
selanjutnya memungkinkan untuk meningkatnya pendapatan perkapita. Dampak yang
kedua adalah Sumber dana luar negeri merupakan sarana yang diperlukan untuk
memperlancar pembangunan. Dengan adanya modal maka proyek dapat dilaksanakan,
dipercepat dan diperluas cakupannya. Sedangkan dampak yang ketiga adalah Pengejaran
ketinggalan dari negara-negara maju bisa lebih dimungkinkan. Dengan modal yang
cukup maka kita bisa mengejar (dalam batasan tertentu) ketinggalan-ketinggalan
dari negara-negara maju, paling tidak dari segi materiil yang pokok. Alat-alat
teknologi kita bisa impor dengan demikian proyek pembangunan bisa berjalan.[7]
2)
Dampak Negatif Utang Luar
Negeri.
Adapun dampak negative dari hutang luar negeri terhadap pembangunan
ekonomi meliputi: Pertama, Sisi efektifitas, secara internal, utang luar
negeri menghambat tumbuhnya kemandirian ekonomi negara. Serta pemicu terjadinya
kontraksi belanja sosial, merosotnya kesejahteraan rakyat, dan melebarnya
kesenjangan. Kedua, Secara eksternal, utang luar negeri menjadi pemicu
meningkatnya ketergantungan negara pada modal asing, dan pada pembuatan utang
luar negeri secara berkesinambungan. Ketiga, Sisi kelembagaan,
lembaga-lembaga keuangan multilateral diyakini telah bekerja sebagai
kepanjangan tangan negara-negara Dunia Pertama pemegang saham utama mereka,
untuk mengintervensi negara-negara penerima pinjaman. Ketiga, Sisi
ideologi, utang luar negeri diyakini telah dipakai oleh negara-negara pemberi
pinjaman, terutama Amerika, sebagai sarana untuk menyebarluaskan kapitalisme
neoliberal ke seluruh penjuru dunia. Keempat, Sisi implikasi sosial dan
politik, utang luar negeri sebagai sarana yang sengaja dikembangkan oleh
negara-negara pemberi pinjaman untuk mengintervensi negara-negara penerima
pinjaman.[8]
II.4. Solusi
dalam menghadapi hutang luar negeri dalam perspektif Islam.
Maka dalam menyikapi permasalahan hutang luar negeri, islam
memiliki beberapa solusi alternative sehingga beban hutang yang berpotensi
merusak perekonomian Indonesia mampu diatasi dengan baik, hal ini sebagaimana
Firman Allah yang artinya: “Dan jika (orang yang berhutang itu) dalam
kesulitan, maka berilah tangguh sampai dia berkelapangan, dan menyedekahkan (sebagian atau semua
hutang) itu lebih baik bagimu, jika kamu mengetahui”.
Ayat tersebut menawarkan tiga alternatif penyelesaian krisis hutang:
a)
Penangguhan
pembayaran hutang sampai debitur mampu mengembalikan hutangnya. Dalam konteks
hutang luar negeri perlu diadakan penjadwalan ulang (rescheduling) pembayaran
utang bersama dengan lembaga dan negara kreditur.
b)
Peringanan
pembayaran hutang sesuai dengan kemampuan debitur. Pemberian keringanan ini
besar kecilnya atau prosentasinya disesuaikan dengan kemampuan dan kesepakatan
kedua belah pihak.
c)
Pembebasan
seluruh hutang. Dalam kondisi dimana debitur tidak mampu membayar hutang,
adalah sangat manusiawi dan terpuji bila kreditur mau membebaskan debitur dari
seluruh hutangnya.
Prinsip yang telah digariskan al-Qur'an adalah tidak membebani
kepada manusia kecuali sebatas kemampuannya. Allah berfirman: "Allah tidak
membebani manusia melainkan sesuai dengan kesanggupannya”.Solusi tersebut di
atas adalah cara penyelesaian krisis hutang secara internal. Islam masih
menawarkan teori penyelesaian krisis hutang secara sosial.[9]
BAB III
PENUTUP
III.1.
Kesimpulan
Perbaikan ekonomi dapat ditempuh dengan keterpaduan antara
reformasi moral para pelaku bisnis, penyelenggara negara dan perubahan struktur
ekonomi yang efisien. Pembangunan ekonomi perspektif Islam dapat dilakukan
dengan menekankan penggunaan secara maksimal sumber daya ekonomi dan
meminimalkan kesenjangan distribusi pada masyarakat. Secara mendasar ajaran
agama telah memberikan gambaran tentang nilai keberhasilan dan kemakmuran yang
tidak selalu diukur dengan materi tetapi lebih ditekankan pada perimbangan
faktor materiil dan sprituil. Keterbatasan modal pembangunan dicermati dengan
penggunaan sumber daya secara efektif dan ekonomis dengan menghilangkan
pemusatan kekayaan serta ketidakadilan.
Pemborosan dan perilaku konsumstif individu masyarakat dan para
penyelenggara negara dalam menyusun anggaran rumah tangga dan negara juga
dibarengi dengan menghilangkan tindak korupsi dan tindakan merugikan orang
lain. Peran positif pemerintah dan kepercayaan masyarakatnya merupakan modal
awal yang sangat berharga sebagai niatan baik dalam menjalankan pembangunan
untuk men-ciptakan masyarakat adil, makmur serta sejahtera. Maka dalam konsep
ekonomi Islam ada tiga cara dalam menangani permasalahan hutang luar negeri,
diantaranya adalah Penangguhan pembayaran hutang sampai debitur mampu
mengembalikan hutangnya, Peringanan pembayaran hutang sesuai dengan kemampuan
debitur, Pembebasan seluruh hutang.
DAFTAR PUSTAKA
Al-Maliki,
Abdurrahman, 2015, Politik Ekonomi Islam, Edisi Terjemah: Ibnu Shalih,
Bangil-Pasuruan: Al-Izzah
Edy Suandi Hamid, Perekonomian Indonesia
Masalah dan Kebijakan Kontemporer, (Yogyakarta:UII Press, 2000), hlm. 67.
M.A Mannan,
Op-cit, hlm. 236. Op-cit, hlm. 237.
Syafiq Mahmadah
Hanafi, Hutang Luar Negeri Antara Kebutuhan Rasional dan Kebutuhan Etis, Jurnal
AsySyir'ah No. 7 Th. 2000, hlm. 45.
Edy Suandi
Hamid, Perekonomian Indonesia Masalah dan Kebijakan Kontemporer, UII Press,
Yogyakarta, 2000.
Abd Majid As,
Hutang Luar Negeri Dalam Perspektif Al-Qur'an, Jurnal Asy-Syir'ah No. 7 Th.
2000 Jurnal Asy-Syir'ah No. 7 Th. 2000, hlm. 23-26.
[1] Al-Maliki,
Abdurrahman, 2015, Politik Ekonomi Islam, Edisi Terjemah: Ibnu Shalih,
Bangil-Pasuruan: Al-Izzah
[2] Edy Suandi
Hamid, Perekonomian Indonesia Masalah dan Kebijakan Kontemporer,
(Yogyakarta:UII Press, 2000), hlm. 67.
[3]
M.A Mannan, Op-cit, hlm. 236. Op-cit, hlm. 237.
[4]
Syafiq Mahmadah
Hanafi, Hutang Luar Negeri Antara Kebutuhan Rasional dan Kebutuhan Etis,
Jurnal AsySyir'ah No. 7 Th. 2000, hlm. 45.
[5]
Ibid. 4 hal 47.
[6] Edy Suandi
Hamid, Perekonomian Indonesia Masalah dan Kebijakan Kontemporer, UII Press,
Yogyakarta, 2000.
[7] Ibid. 6 hal
56.
[8] Ibid. 6 hal 57
[9] Abd Majid As, Hutang Luar Negeri Dalam Perspektif
Al-Qur'an, Jurnal Asy-Syir'ah No. 7 Th. 2000 Jurnal Asy-Syir'ah No. 7 Th.
2000, hlm. 23-26.
Halo, nama saya Victoria Alberto, korban penipuan di tangan pemberi pinjaman palsu. Saya telah kehilangan sekitar Rp6.000.000, juta rupiah karena saya membutuhkan modal besar Rp300,000,000.million rupiah saya hampir mati, saya tidak punya tempat untuk pergi. bisnis saya hancur, dan dalam prosesnya saya kehilangan anak saya. Aku tidak tahan lagi ini terjadi. pada Maret 2017, saya bertemu seorang teman yang memperkenalkan saya kepada ibu yang baik, Nyonya Olivia Daniel, yang pada akhirnya membantu saya mendapatkan pinjaman di sebuah perusahaan. ibu yang baik saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk berterima kasih, dan semoga Tuhan terus memberkati Anda. Saya juga suka menggunakan kesempatan ini untuk memberi saran kepada sesama orang Indonesia, bahwa ada banyak scammers di luar sana, jadi jika Anda membutuhkan pinjaman, dan ingin mendapatkan pinjaman cepat, hanya mendaftar melalui Nyonya Olivia Daniel melalui email: (oliviadaniel93@gmail.com ). Anda juga dapat menghubungi saya melalui email ini: (victoriaalberto78@gmail.com). jika kamu ragu. tolong dia adalah satu-satunya orang yang dapat diandalkan dan dapat dipercaya.
BalasHapusTerima kasih.
BalasHapusSaya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.
Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.
Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.
Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.
Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut